Chrome - Handwriting

Jumat, 02 Agustus 2013

Fakta Astronomi

‪‎FaktaAstronomi‬

1. Jika Triton menggantikan Bulan di Bumi, makan malam hari akan 10 kali lebih terang, karena permukaan Triton memantulkan 60-95% cahaya.

2. Triton memiliki es di kutubnya. Permukaannya nampak sangat terang karena memantulkan 60-95% cahaya, dibandingkan dgn Bulan yg memantulkan 10% cahaya matahari.

3. Satu kali orbit planet kerdil Eris mengelilingi matahari membutuhkan waktu 556,7 tahun. Sedangkan Pluto hampir 250 tahun.

4. 5 satelit alami terbesar di Tata surya adalah Ganymede (Jupiter), Titan (Saturnus), Callisto (Jupiter), Io (Jupiter), dan Bulan (Bumi).

5. Bulan dan Iapetus (bulan Saturnus) termasuk dalam "tidally locked” (mengorbit dgn sisi sama selalu menghadap planet induknya)

6. Kamera utama dari robot Curiosity Mars hanya resolusi 2 MP (Megapixel).

7. Bintang terdekat dari Bumi kita ialah Proxima Centauri. Bintang sejauh 4,23 tahun cahaya ini terlalu redup untuk bisa dilihat dengan mata telanjang. Bintang terdekat yang dapat dilihat dengan mata telanjang adalah Alpha Centauri (4,4 tahun cahaya) yang terlihat sebagai bintang paling terang pada rasi Centaurus di langit belahan selatan.

8. Hujan Meteor Leonid yang terjadi tanggal 16-17 November 1966 dan terlihat di Amerika Utara bagian barat hingga Rusia bagian timur merupakan hujan meteorid terbesar yang pernah tercatat. Meteor yang melintas di wilayah Arizona tercatat mencapai 2.300 meteor per menit selama 20 menit. (Ketika itu banyak orang yg panik karena mengira dunia akan kiamat).

9. Komet Centaur 2060 Chiron yang ditemukan tahun 1977 merupakan komet terbesar yang diketahui dengan diameter 182 km.

10. Ceres dengan diameter 941 km merupakan asteroid terbesar. Selain itu, asteroid ini juga tercatat merupakan asteroid yang pertama kali ditemukan.

11. Rekor sebagai asteroid terkecil dipegang oleh asteroid 1993KA2. Asteroid yang ditemukan tahun 1993 ini hanya berdiameter 5 meter!

12. Secara teori, gerhana matahari dapat berlangsung maksimal selama 7 menit 31 detik. Gerhana matahari terlama yang pernah tercatat terjadi di Filipina dengan durasi 7 menit 8 detik. Gerhana matahari selama 7 menit 29 detik diperkirakan akan terjadi di tengah Samudera Atlantik pada tanggal 17 Juli 2186. (Perkiraan ini belum termasuk fakta).

13. Hydra (Naga Laut) merupakan konstelasi (rasi bintang) terbesar. Konstelasi ini mencakup 3,16% dari seluruh langit dan beranggotakan setidaknya 68 bintang yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

14. Crux Australis (Salib Selatan) adalah konstelasi terkecil di langit. Ia hanya mencakup 0,16% dari seluruh area langit.

15. Jika bumi kehilangan Oksigen selama 5 detik saja, maka semua bangunan beton akan berubah menjadi debu, karena oksigen adalah pengikat beton.

16. Kosmonot Valentina Tereshkova, merupakan wanita pertama yang pergi ke luar angkasa dan menggunakan Vostok-6, 50 tahun lalu.

17. International Space Station (ISS) -- Stasiun Luar Angkasa, adlh salah satu objek termahal yg pernah dibuat, yaitu sekitar $150 milyar US.

18. Orion Nebula, salah satu nebula paling terang, dan dapat dilihat menggunakan mata telanjang. (Walaupun cukup sulit).

19. Planet Jupiter sebenarnya memiliki cincin yang sangat tipis, berwarna hampir sama dengan atmosfernya dan sedikit memantulkan cahaya matahari. Cincin Yupiter terbentuk atas materi yang gelap kemerah-merahan.

20. Planet Uranus mendapatkan namanya dari “Uranos”, dewa langit Yunani kuno yang merupakan kakek dari Zeus (Jupiter) dan ayah dari Cronos (Saturnus) serta anak dari Gaia.

Via @FaktaAstronomy, VIVA.co.id
Follow twitter kami @ilmu_astronomi

Image Credit: Hubble ST, NASA

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer