Chrome - Handwriting

Kamis, 01 Agustus 2013

Mengenal Kode “SAE” Pada Pelumas/Oli Mesin Kendaraam

Mengenal Kode “SAE” Pada Pelumas/Oli Mesin Kendaraam
Kode SAE yang tertera pada kemasan produk pelumas/oli itu memang bukan sekedar kode biasa, bukan juga kode nomor buntut, hehe…..
Akan tetapi kode tersebut memang mengandung makna. itu adalah kode kimia untuk kekentalan/viskositas pelumas/oli tersebut.

Kekentalan / Viskositas Oli

Kekentalan oli berkaitan dengan kemampuan bekerja oli pada suhu yang ekstrim, oli yang baik adalah yang mempunyai kekentalan stabil memiliki daya tahan terhadap suhu rendah (dingin) dan suhu tinggi (panas). Tingkat daya tahan oli terhadap suhu ini dinyatakan dalam Society of Automotive Engineers (SAE), misalnya pada kemasan tertulis SAE 5W-40 ini berarti tanda 5W (Winter) bahwa pada suhu rendah (dingin) oli akan tetap memiliki kekentalan 5 dan pada suhu tinggi (panas) oli akan berada pada tingkat kekentalan 40, begitu pula dengan kode 15W-50 maka pada suhu terendah oli akan memiliki derajat kekentalan sebesar 15 dan pada suhu tertinggi oli memiliki tingkat kekentalan 50. Semakin kecil jarak kekentalan oli maka semakin baik kualitas oli tersebut misalnya SAE 5W-30 akan lebih baik dari kode SAE 5W-40.
Tips :
Pakailah oli dengan spesifikasi rujukan produsen kendaraan anda (SAE). Karena itu sudah melalui uji dari produsen kendaraan anda. Dan gantilah pelumas/oli kendaraan anda secara berkala, lalai dalam hal ini bisa memperpendek umur kendaraan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer